2 August 2013

Tips Merawat Busi Motor Vespa


Vespa identik dengan mogok, haha... itulah yang ada di benak saya. setahun lalu Kota Pangandaran di padati oleh 2000 an pengguna vespa dalam rangka Jambore pencinta Vespa. Yupz, hampir dari seluruh kota di daerah Jawa Barat para pencinta Vespa berdatangan ke kota kecil ini. Ada pemandangan yang menarik ketika saya hendak pulang dari Pangandaran menuju Bandung, Kebetulan waktu itu saya mudik ke Pangandaran. di sepanjang jalan arah
Pangandaran-Bandung banyak pencinta Vespa yang berhenti di pinggir jalan, dan ternyata Motor Vespa nya mogok.HAdew...

Lantas, sebab apa yang sering membuat Vespa Mogok..?? Vespa adalah Motor lama dan wajar saja rentan mogok, kecuali kitanya harus pinter2 merawat Vespa kesayangan. Berikut Tips bagaimana Merawat Vespa :

1. Busi
Busi identik dengan Vespa sebab motor yang paling sering gonta ganti busi adalah Vespa. wah kalo gitu bisa repot dong..??? Lalu bagaimana cara mengakalinya..?

Busi terdiri dari dua titik Positif dan Negatif, Jika dua titik tersebut di hubungkan dengan menggunakan pengaturan dari Platina maka CDI akan menghasilkan percikan api dan membakar bensin yang udah dikabutkan karburator dan di antara dua titik tersebut dilapisi isolator.

Nah yang sering membuat busi mati dan harus diganti adalah jika lapisan isolator tesebut tertutup oleh kerak akibat pembakaran diruang blok mesin.Vespa adalah motor bermesin 2 tak yang bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli sehingga mudah mengandung kerak pada isolator busi. Bahan bakar besin dengan kualitas oktan rendah akan banyak meninggalkan kerak pada komponen pembakaran dan juga dengan kualitas oli samping dengan bahan adiktif yang rendah juga mudah meninggalkan kerak. Makanya pilihlah oli samping yang baik dan jangan asal.

Jika busi sudah banyak mengandung kerak pada isolatornya,maka harus dibersihkan. bukalah busi dr cilinder cop nya, bersihkan menggunakan sikat gigi atau sejenisnya dengan menggunakan bahan kerosin, solar atau bensin. sebaiknya dilakukan secara rutin. Agar busi menjadi lebih bersih, gunakan beberapa helai kawat dari baja, ambil saja dari tali kopling yang udah gak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin atau solar,korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan. Ingat, lakukan hal ini ketika busi dalam keadaan dingin, karena jika dalam keadaan panas menyebabkan umur busi menjadi pendek.

Ada Cara cepat membersihkan busi yaitu dengan menggunakan air accu(zuur) atau air raksa. Yaitu Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang .Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso. Namun hal ini jangan dilakukan terlalu lama karena bisa merusak lapisan besi atau logam yang bukan isolator yang bisa membuat semakin tipis.
Selain itu, hal ini bisa mengganggu kesehatan. Tips yang ini terkadang sering disalah gunakan sama bengkel-bengkel nakal, anda harus hati-hati kalo ada bengkel yang menjual busi bagus seperti keluaran pabrik tapi dengan harga miring,biasanya buasi bekas yang dibersihkan dengan cara seperti ini.

Hal-hal yang menyebabkan busi mati
1.Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
2.Coil terlalu lemah
3.Platina / CDI lemah
4.Rendahnya kualitas Bensin
5.Rendahnya kualitas Oli samping

Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.

2. Jangan Buang Busi Bekas Anda
Kenapa?? Biasanya busi yang dah gak dipakai dan disimpan sangat lama dan jika dipakai lagi, biasanya pengapiannya bagus. namun sebelum anda menyimpannya sebaiknya bersihkan dulu dari kerak,dan jika bulan depan atau bahkan taun depan anda pakai lagi, biasanya akan bagus.

3. Cara lain Merawat Busi Motor Vespa
Hal yang paling simpel untuk merawat busi adalah dengan memperbaiki kualitas bahan bakar motor, Walau bagaimanapun sumbernya adalah dari kualitas bahan bakar. Selain itu pemeliharaan kualitas karburator juga pengaruh terhadap kualitas hasil pembakaran.
Ada langkah unik sebenernya untuk merawat busi, yaitu dengan merebus nya, Konon katanya jika busi direbus maka akan awet. Caranya rebus busi dengan air mendidih, semakin lama busi direbus maka akan semakin bagus. dan sebaiknya busi baru pun sebelum dipake bisa direbus dulu.

Sekian dulu Tips nya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Ucapkan Rasa tentang itu...